Monday 3 August 2015

Membuat Bootable UEFI USB Installer Windows 8.1 dengan Rufus



USB Installer Windows 8.1

Salam blogger, lewat artikel ini saya ingin sharing panduan membuat Bootable UEFI USB Disk Installer untuk Windows 8.1, sebetulnya bisa juga diterapkan untuk membuat installer Windows 7 atau Windows 8 asal ada ISOnya. Untuk sistem operasi terbaru saat ini seperti Windows 8.1 merekomendasikan penggunaan firmware UEFI ketimbang Legacy BIOS yang lama. Ketika saya mencoba install Windows 8.1 di laptop Acer Aspire E5-411G dengan mode Legacy BIOS hasilnya sistem operasi tidak stabil, saat menjalankan install driver sering mengalami hang, lalu tidak bisa Shutdown maupun Restart sempurna.


Mau gak mau jika ingin install Win 8.1 harus dalam mode UEFI di setting BIOSnya. Setelah googling ke beberapa sumber, saya menemukan di salah satu forum (eightforums.com) perihal cara membuat UEFI USB disk installer menggunakan program gratis Rufus yang bisa didownload disini.

Minimal siapkan flashdisk ukuran 4GB beserta file ISO installer Windows 8.1, setelah ada ikuti panduannya berikut:

  • masukkan flashdisk ke port USB

  • jalankan program Rufus-2.1.exe

  • di kotak dialog yang muncul, setting pilihan sebagai berikut:
    - pada kotak Device, otomatis terisi flashdisk yang terdetek di sistem
    - untuk isian Partition scheme and target system type, pilih GPT partition scheme for UEFI computer
    - File system, pilih FAT32
    - untuk Cluster size, pilih 4096 bytes (Default)
    - pada kotak Format options ceklist Create a bootable disk using, lalu klik icon untuk browse ISO image Windows 8.1 yang telah tersimpan sebelumnya
    - tandai juga ceklist Quick format dan Create extended label and icon files



  • setelah itu klik tombol Start untuk memulai memformat flashdisk dan proses pengcopyan ISO image Win 8.1, tunggu beberapa menit tergantung kecepatan tulis flashdisk yang digunakan.

  • setelah selesai, flashdisk sudah dapat digunakan sebagai installer Windows 8.1 dengan mode UEFI sesuai dengan rekomendasi dari Windows sendiri.

Silahkan dicoba, semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. ga berapa lama kmaren uda pernah nyobain pake rufus , simple emang

    ReplyDelete