Sunday 26 July 2015

Download FileZilla Client



FileZilla client adalah aplikasi FTP (File Transfer Protocol) cross-platform untuk kebutuhan transfer file antar komputer, umumnya digunakan untuk upload download file dari komputer ke server hosting. Jika anda menggunakan layanan hosting di salah satu provider, maka software ini direkomendasikan untuk anda install di komputer.


FileZilla memiliki kelebihan dalam hal transfer data ke server, yakni kemampuannya me-resume proses upload atau download yang terputus tanpa mengulangi dari awal. Jadi untuk kebutuhan upload ataupun download file-file berukuran besar dari server FileZilla sangat direkomendasikan dan cukup reliable walau dengan koneksi lambat sekalipun. Namun syaratnya sudah pasti kita harus memiliki data otentikasi user untuk login ke server tujuan FTP.

FileZilla mendukung akses FTP mode normal via port 21, juga mendukung FTP mode secure (SFTP) via port SSH 22. Dengan mode normal tentunya transfer data tidak melalui enkripsi data, sedangkan jika menggunakan SFTP proses transfer data melalui proses enkripsi sehingga lebih aman. Jika akun hosting anda menyediakan fitur SSH sangat disarankan menggunakan mode ini.

Ini adalah tips melakukan transfer file via FTP client FileZilla, jika anda akan mentransfer folder yang berisi banyak file di dalamnya disarankan anda kompres terlebih dahulu folder bersangkutan. Kenapa harus demikian? Karena FileZilla dalam melakukan proses transfer file melakukan buka tutup koneksi status setiap file. Jadi jika ada 100 file dalam satu folder maka FileZilla akan melakukan 100x proses buka tutup koneksi dan ini akan membuat proses transfer file jadi lebih lama.



Selain sisi keamanan dan kehandalan yang ditawarkan FileZilla untuk urusan transfer file, FileZilla juga memiliki kelebihan kemudahan manajemen file secara langsung di server. Operasi hapus, rename, create directory dapat anda lakukan secara langsung di remote site (on the fly).

Berikut adalah link untuk download FileZilla client versi terbaru, akan saya update link ini jika keluar versi terbaru, semoga bermanfaat.

Download FileZilla Client

No comments:

Post a Comment