Monday 27 July 2015

Download PuTTY untuk akses remote server Linux


Download PuTTY - PuTTY merupakan aplikasi untuk melakukan remote access ke server Linux, aplikasi ini diperuntukkan untuk sistem operasi Windows. Jadi satu lagi aplikasi yang wajib ada pada komputer anda jika anda adalah pengguna layanan hosting yang menyediakan fitur SSH.




Banyak klien yang dulu bertanya "saya kan menggunakan Windows, apa tidak masalah pilih paket hostingnya menggunakan Linux?" Jelas jawabannya adalah tidak masalah, karena sistem Linux adalah di sisi server sedangkan di sisi workstation atau client bebas menggunakan sistem operasi manapun. Server hosting dengan pengguna biasanya sudah dijembatani oleh aplikasi control panel semacam cPanel yang berbasis web based, jadi tidak masalah menggunakan OS apapun selama bisa menggunakan browser.

Program PuTTY memiliki ukuran program yang sangat kecil, hanya 512KB. Walau programnya berukuran kecil, namun cukup powerful untuk melakukan rutinitas bekerja dengan server Linux bagi anda yang sudah mahir menggunakan Linux. Dengan bekerja menggunakan PuTTY akan lebih efisien dalam hal penggunaan bandwidth dibanding bekerja lewat control panel cPanel via browser.



Program PuTTY juga dapat digunakan untuk membuat tunneling koneksi internet yang berguna sebagai alternatif web proxy. Panduannya lengkapnya bagaimana menghidupkan tunneling via PuTTY akan saya ulas dalam artikel terpisah.

Selain PuTTY, ada program tambahan yang masih satu keluarga dengan PuTTY yakni PuTTYgen. PuTTYgen adalah program tambahan untuk generate kode RSA dan DSA. Dengan kode ini kita dapat melakukan akses SSH via PuTTY tanpa memasukkan password otentikasi setiap kali login ke server. Hal ini dikarenakan antara server dengan komputer client sudah tertanam 2 kode DSA yang terotorisasi sama.

Berikut link untuk download kedua program akses SSH yang dimaksud.

Download PuTTY

Download PuTTYgen

No comments:

Post a Comment